My Blog


Monday, March 22, 2010

95 Ribu Keturunan Nabi Muhammad Kecam Kartun | Tribun Timur

Selasa, 23 Maret 2010 | 01:45 WITA

London, Tribun - Sekitar 95 ribu keturunan Nabi Muhammad SAW berencana untuk melayangkan tuntutan kepada surat kabar yang memuat kartun yang dianggap menghujat Nabi Muhammad. Tuntutan rencana ini akan diajukan di pengadilan Inggris.

Faisal Yamani seorang pengacara asal Arab Saudi yang mewakili dari para keturunan Nabi Muhammad mengklaim, 12 kartun yang dimuat dalam surat kabar Denmark Jyllands - Posten sebagai sebuah pencemaran nama baik.
Seperti diketahui gambar yang dirilis pada 2005 lalu tersebut menyebabkan kemarahan warga Muslim dunia. Bahkan protes menentang pemuatan kartun itu di beberapa negara Muslim berujung dengan kerusuhan.
Meskipun kartun tersebut dirilis oleh surat kabar Denmark, Yamani berniat untuk mendaftarkan gugatannya di Inggris. Hal ini ia lakukan karena hukum Inggris mengatur undang-undang pencemaran nama baik yang lebih diberatkan kepada pihak penggugat. Demikian diberitakan The Sunday Times, Senin (22/3).
Kalangan pengacara di Inggris memperkirakan jika Yamani akan mendebatkan pemuatan kartun tersebut di Inggris lewat internet. Kondisi ini menurut kalangan pengacara Inggris dianggap telah mencemarkan nama baiknya klien Yamani yang tinggal di Timur Tengah, Afrika Utara, dan bahkan Australia.
Seorang pengacara Inggris Mark Stephens berkomentar mengenai usaha dari Yamani ini. "Keturunan langsung dari Nabi Muhammad memiliki tempat khusus di masyarakat Muslim. Mengkritik ataupun memperolok sosok Nabi Muhammad tentunya dianggap sebuah skandal," ungkap Stephens.

95 Ribu Keturunan Nabi Muhammad Kecam Kartun | Tribun Timur

No comments:

Post a Comment

Silahkan isi Saran dan kritik anda yang membangun. Thanks