My Blog


Monday, April 13, 2009

7 Kunci Sukses

Sukses adalah kata terindah yang menjadi tujuan dan dambaan setiap orang. Tidak ada satu orangpun yang menginginkan kegagalan dalah hidupnya. Tentunya Sukses yang diharapkan adalah sukses yang holistik dan berkelanjutan, tidak sekedar sukses di dunia namun juga sampai di akherat. Untuk meraih sukses yang diidam-idamkan itu, seseorang membutuhkan cara atau strategi yang efektif agar upaya yang dilakukan dapat maksimal.

Tanpa ada langkah yang didasarkan pada strategi yang jitu, akan menjadikan setiap tindakan yang diambil hanya mendatangkan kesia-siaan saja, mubadzir. Kita akan cepat putus asa karena kegagalan demi kegagalan yang kita alami disebabkan oleh tidak adanya strategi yang jitu dalam mencapai Sukses Hakiki, yaitu bahagia di dunia dan akherat.

Hidup kita terlalu berharga kalau hanya dibiarkan “Mengalir Seperti Air" tanpa ada tujuan dan strategi yang jelas. Karena apapun yang menjadi pilihan kita akan kita pertanggungjawabkan dihadapan Allah SWT yang telah memberi kita kehidupan dan kesempatan emas di dunia ini. Maka, kita sendiri yang harus mengatur kemana air kehidupan kita akan mengalir.

Berapa banyak orang yang gagal dalam mencapai tujuan hidupnya karena lemah atau cacat dalam 7 (tujuh) hal.

1. Cacat Visi atau Tujuan Hidup.
Tanpa tujuan hidup yang jelas bisa dipastikan kita akan berjalan ditempat dan menghabiskan waktu kita tanpa pencapaian prestasi yang berarti. Hidup terasa sangat membosankan. Hanya menghabis kan nasi. Kita hanya menjadi "penonton" dari suatu kehidupan. Kita hanya bisa melihat kesuksesan orang lain tapi sama sekali tidak pernah memba yangkan untuk diri kita sendiri. Kita hidup tanpa arah, kita akan kebingungan diantara topan dan badai masalah kehidupan yang menghampiri kita.
2. Cacat Potensi
Ketidakmampuan dalam memberdayakan Potensi yang kita miliki, akan mengakibatkan kita frustasi. Potensi yang kita miliki seperti magma di dasar bumi, tanpa penyaluran yang jelas akan mengakibatkan ledakan yang dahsyat dan menghancurkan kehidupan kita sendiri.
3. Cacat Peluang
Ketidakmampuan dalam mengelola potensi yang diberikan Allah menjadikan kita tidak bisa melihat peluang sekecil apapun dihadapan kita. Hati tidak bisa merasakan, mata tidak bisa melihat dan telinga tidak bisa mendengar peluang yang diberikan Allah. Dan kita akan kalah dalam panggung kehidupan ini.
4. Cacat Motivasi
Ketidakmampuan kita memotivasi diri kita sendiri akan menjadikan kita tidak memiliki tenaga untuk hidup berprestasi dan mencapai tujuan hidup kita. Kita akan menjadi loyo tanpa tenaga.
5. Cacat Misi
Ketidakmampuan memilih peran yang memiliki nilai hidup yang mulia akan menjadikan aktifitas yang kita jalani tidak mempunyai makna apa-apa. Dan hidup tanpa makna akan menjadikan hidup kita hampa.
6. Cacat Strategi
Ketidakmampuan membuat strategi dan perencana an yang matang membuat sumber daya yang kita miliki akan terbuang percuma, tidak optimal pemanfaatannya dalam mencapai tujuan hidup kita.
7. Cacat Gerak
Ketidakmampuan bergerak untuk mengambil tindakan dalam mencapai tujuan hidup kita menjadikan apapun yang menjadi impian kita, cita-cita kita atau visi kita hanya tinggal mimpi.

Strategi Sukses berbasis Al – Fatihah menawarkan cara – cara yang efektif untuk mencapai sukses yang berkelanjutan baik pada aspek pribadi dan sosial. Dengan berdasarkan inspirasi surat Al Fatihah akan mengantarkan kita menjadi :

1. Manusia yang visioner
2. Mampu menggali potensi
3. Pandai membaca peluang
4. Cermat menetapkan misi
5. Konsisten menanamkan motivasi
6. Lihai membuat strategi
7. Maksimal dalam bergerak

Hal tersebut akan berdampak dan mampu menumbuhkan sifat komiten terhadap kualitas aqidah (beraqidah lurus) ibadah (beribadah dengan benar) dan amal sholeh (menjadi manusia yang sehat, berwawasan luas, efektif dengan waktunya, tertata urusannya, memiliki etos kerja yang tinggi, berakhlaq mulia, mandiri dan bermanfaat bagi orang lain).

Ada 7 Kekuatan Strategi Sukses berbasis Al – fatihah, sebagai sebuah kekuatan ikhtiar untuk menjadi pribadi sukses di dunia dan akherat:

1. Kekuatan Visi, Berpandangan kedepan dan punya keyakinan yang kuat. Menjadi manusia yang visioner.
2. Kekuatan Potensi, Tahu dan mampu mampu menggali potensi, mengoptimalkan segenap kemampuan, dan mensinergikan semua Sumber Daya yang ada.
3. Kekuatan Peluang, Jeli & pandai membaca peluang serta mampu menghadapi tantangan. Kreatif, inovatif & proaktif dalam menciptakan peluang.
4. Kekuatan Motivasi, Bersemangat dan memacu diri untuk meraih prestasi puncak. Konsisten menanamkan motivasi, memberikan inspirasi untuk dirinya, keluarganya dan lingkungannya.
5. Kekuatan Misi, memiliki ketangguhan diri dalam memberikan peran terbaik. Bermanfaat untuk lingkungannya. Cermat memilih peran sehingga keberadaannya lebih bermakna, punya nilai tambah bagi orang lain.
6. Kekuatan Strategi, mempunyai perencanaan yang baik, lihai membuat strategi yang terstruktur dan terukur. Optimal dalam setiap langkah. Punya prioritas dan amal unggulan.
7. Kekuatan Gerak, maksimal dalam mengeksekusi rencana. Mampu mencari potret sukses yang tepat untuk dijadikan contoh dan ditiru, sehingga setiap langkah adalah gerak terbaiknya. Menggerakkan diri dan orang lain secara optimal. Berkeyakinan kuat, bersegera dalam beramal serta senantiasa meningkatkan kualitasnya.

 Menyempurnakan setiap Ihtiar dengan Kekuatan Tawakal

“Dan sesungguhnya telah kami mudahkan Al-Qur’an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” (54:17).

Dan sesungguhnya Kami telah berikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dan Al Quran yang agung.
(QS. 15:87).

dikutip dari : http://www.iq-sukses.net

No comments:

Post a Comment

Silahkan isi Saran dan kritik anda yang membangun. Thanks